Jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia dan merpakan motor utama dalam pengaliran darah. Oleh sebab itu kesehatan sangat penting. Namun banyak dari kita yang tidak terlalu mewaspadainya karena sakit jantung tidak seperti sakit lainnya yang selalu dimulai dengan gejala-gejala yang jelas. Berikut tips cara menjaga kesehatan jantung kita.

Hindari Rokok
Penelitian mengatakan bahwa orang yang merokok memiliki peluang 2 kali lipat sakit jantung dibanding dengan orang yang tidak merokok atau perokok pasif. Saat anda berhenti merokok, resiko itu akan berangsur menurun

Kurangi Garam
Garam dapat menyebabkan hipertensi yang nantinya dapat meningkatkan resiko terjadinya serangan jantung. Untuk menjaga kesehatan, konsumsi lebih banyak sayur-sayuran dan buah-buahan.

Kurangi Alkohol
Konsumsi alkohol juga dapat merusak otot cardiac yang dapat meningkatkan terjadinya serangan jantung

Olah Raga Teratur
Jantung terdiri dari otot otot dan otot-otot tersebut membutuhkan latihan. Salah satu cara adalah dengan melakukan olah raga. Para ahli menyarankan olah raga teratur sekitar 30 menit setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh anda.
Jaga Body Mass Index (BMI)
Dengan menjaga BMI atau berat badan ideal anda mengurangi kinerja jantung sehingga jantung anda menjadi lebih sehat.

Ketahui angka-angka vital
Sebelum ada masalah dengan jantung, ada baiknya untuk mengetahui angka-angka penting yang merupakan indikator kesehatan jantung. Di antaranya adalah tekanan darah, denyut nadi, kadar lemak total, kolesterol dan trigliserida.

Berjalan kaki
Kesibukan dan aktivitas yang selalu padat jangan dijadikan alasan untuk tidak pernah berolahraga. Sesekali tinggalkan kendaraan pribadi lalu berjalan kaki menuju halte terdekat untuk naik angkutan umum ke kantor. Cukup dengan berjalan kaki selama 20-30 menit sehari, risiko kematian dini akibat serangan jantung bisa dikurangi hingga 50 persen.

Tertawa sesering mungkin
Kalaupun untuk sekedar berjalan kaki saja masih sulit untuk meluangkan waktu, cobalah untuk lebih sering tertawa. Bicara soal pembakaran kalori, tertawa terbahak-bahak selama 15 menit bisa disetarakan dengan aerobik selama 30 menit. Tertawa juga menekan pelepasan hormon stres kortisol, sehingga tekanan darah lebih terkendali.

Perhatikan lingkar pinggang
Kesalahan yang sering terjadi adalah orang terlalu mengkhawatirkan berat badan, padahal faktor risiko sindrom metabolik dan berbagai masalah jantung justru lebih banyak berhubungan dengan lingkar pinggang. Obesitas sentral atau perut buncit menandakan perlemakan hati yang menyebabkan kadar kolesterol sulit dikontrol.

Tidur yang cukup
Bergadang hingga larut malam tidak hanya membuat tubuh cepat merasa letih keesokan harinya. Kurang tidur juga bisa meningkatkan stres dan tekanan darah sehingga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan jantung. Kelihatannya sepele tapi istirahat yang cukup merupakan syarat penting yang harus dipenuhi jika ingin berumur panjang.

 

Rutin Cek Kolesterol
Orang yang memiliki kolesterol yang tinggi memiliki resiko yang tinggi terhadap serangan jantung, stroke, dan penyakit yang mempengaruhi sirkulasi darah dalam tubuh. Oleh karena itu check up kolesterol secara rutin sangat baik untuk menjadi indikasi kesehatan jantung kita.
Apabila tekanan darah anda tinggi, anda dapat menguranginya dengan berolah raga dan makan makanan yang banyak mengandung serat.

About these ads