Yahoo Profile yang Mirip Facebook

Jumlah account yang semakin banyak di Facebook membuat pemilik web lain terinspirasi untuk meniru situs ini, termasuk Yahoo. Kini tampilan Yahoo Profile lebih mirip Facebook. Apa saja kelebihan lain …

Tahun 2009 ini banyak situs web jejaring sosial yang bermunculan baik lokal maupun internasional, mereka menawarkan inovasi baru maupun menjadi pesaing untuk situs yang lain yang hadir sebelumnya dengan menawarkan beberapa kelebihan yang inovatif.

Beberapa kompetisi berlangsung sengit. Tersebutlah Facebook dan Twitter yang meroket tajam. ?Facebook seketika menggulingkan dinasti Friendster yang berjaya di Indonesia. Twitter pun mulai menyingkirkan kejayaan Plurk yang sukses berkeliaran di Indonesia sebelumnya sebagai microblogging.

Keberhasilan Facebook dan Twitter inilah yang membuat Yahoo berbenah diri. Yahoo mulai hadir dengan aplikasi Yahoo Meme yang mirip Twitter serta Yahoo Profile yang kini layoutnya mirip sekali dengan Facebook. ?Memang belum ada istilah khusus mengenai Yahoo Profile ini.

Semua pengguna akun Yahoo, selain dapat mengirim ataupun menerima email dan melakukan chatting messenger, kini juga dapat menjalin pertemanan layaknya sebuah situs jejaring sosial Facebook. Tampilannya pun mirip dengan Facebook, mulai dari content dalam profil, mengundang teman, hingga saling berkirim komentar dan wall.

Di sini Anda juga bisa mengunggah foto ke SmugMug, melihat video YouTube, bahkan sampai mengupdate berita ke Twitter (mungkin itulah yang tidak dimiliki Facebook).

Selain itu Profil Yahoo nantinya juga terhubung dengan Picasa, yaitu sebuah web untuk mengedit foto. Jadi Anda bisa mengedit foto dengan mudah ala Picasa dalam satu halaman saja.

Profil Yahoo saat ini memang belum sempurna dan masih dalam tahap pengembangan dengan versi betanya. Jadi jangan heran jika ketika Anda mengunjungi Profil Yahoo Anda, hanya fitur-fitur sederhana yang bisa diakses. Sementara Anda hanya bisa memasang foto, mengupdate status dan memberikan komentar status atau antar wall.

Layout grafisnya belum menunjukkan keistimewaan, masih terkesan kaku. Tetapi Yahoo Profile ini sudah tersedia dalam layanan Bahasa Indonesia. Kelebihan utamanya adalah banyaknya orang yang menggunakan email Yahoo. Jika user sudah memiliki domain.