Penyakit HIV/AIDS makin mengancam semua kalangan, terutama sekali anak-anak muda. Berbagai cara pun dilakukan untuk menanggulanginya, antara lain lewat situs internet.

Itulah yang dilakukan para akademisi di University of Minnesota, Amerika Serikat. Mereka sedang mengembangkan situs khusus sebagai strategi baru demi menekan pertumbuhan penderita HIV/AIDS, khususnya di kalangan kaum gay dan biseksual.

Jika ditilik sekilas, seperti dilansir Azstarnet, situs yang sedang dikembangkan ini wujudnya seperti situs game biasa, bahkan nampak seperti situs porno. Namun sesungguhnya situs tersebut ditujukan untuk mengedukasi kaum muda menghindari HIV/AIDS.Jumlah penderita HIV/AIDS, khususnya di kalangan kaum gay/biseksual memang meningkat 12 persen per tahunnya sejak tahun 2001 di Amerika Serikat. Salah satu yang dinilai sebagai faktor pemicunya adalah kemudahan mendapat pasangan berisiko via internet.

Karena itulah akademisi di University of Minnesota memakai dana pemerintah sebesar USD 3,5 juta untuk mengembangkan situs tersebut untuk menangkal wabah HIV. Saat ini, proyek situs berkode ’sexpulse’ itu sedang dalam tahap pengerjaan. Harapannya cukup dengan ngenet, orang bisa tahu bagaimana menghindari HIV secara menyenangkan.

Jika situs itu nantinya bisa sukses, diklaim bahwa bukan hanya HIV/AIDS saja yang bisa dibendung. Model situs serupa juga bakal diandalkan untuk menghadang masalah kesehatan lainnya, misalnya saja diabetes.