Jawab Dulu Gan Pertenyaannya Baru Lihat Jawabannya..
Hehe

Pertanyaan 1 :
Terdapat dua gelas dengan volume yang sama. Gelas pertama diisi dengan jus anggur hingga tepat setengah penuh. Gelas kedua diisi dengan jus jeruk hingga tepat setengah penuh. Lalu 1 sendok makan jus anggur dipindahkan dari gelas pertama ke dalam gelas kedua yang berisi jus jeruk. Setelah itu 1 sendok makan dari campurannya dipindahkan ke dalam gelas pertama yang berisi jus anggur.
Pertanyaannya: mana yang lebih banyak, kandungan jeruk di gelas pertama atau kandungan anggur di gelas kedua?

Pertanyaan 2 :
Suatu saat, seorang anak merayakan ulang tahunnya. Dua hari kemudian, saudara kembarnya yang lebih tua yang merayakan ulang tahunnya. Bagaimana hal ini mungkin terjadi?

pertanyaan 3 :
Jika diperlukan waktu satu menit untuk merebus satu telur, berapa waktu yang diperlukan untuk merebus sepuluh telur?

Pertanyaan 4 :
A bepergian dengan mobil mulai dari kota P ke kota Q dengan kecepatan tetap 75 km/jam. B juga bepergian dengan mobil mulai dari kota Q ke kota P dengan kecepatan tetap 50 km/jam. Jika A dan B berangkat pada waktu yang bersamaan, saat A dan B bertemu, siapa yang lebih dekat dengan kota P?

Pertanyaan 5 :
Mana yang lebih besar, 18 persen dari 81 atau 81 persen dari 18?

Pertanyaan 6 :
Dapatkah pecahan yang pembilangnya lebih kecil dari penyebutnya bernilai lebih besar dari pecahan yang pembilangnya lebih besar dari penyebutnya?

Pertanyaan 7 :
Sebuah pesawat terbang dari Jakarta ke Medan dalam waktu 1 jam 20 menit, tetapi pesawat tersebut dapat terbang dari Medan ke Jakarta dalam waktu 80 menit. Mengapa bisa begitu? Asumsi: tidak ada angin sepanjang perjalanan.

Pertanyaan 8 :
Bagaimana mengukur waktu 9 menit dengan menggunakan jam pasir 4 menit dan jam pasir 7 menit?

Pertanyaan 9 :
Ada 12 buah gelas di atas nampan, dan kamu mengambil 7 buah gelas dari atas nampan tersebut. Berapa gelas yang ada di tanganmu sekarang?

Pertanyaan 10 :
Sebuah keluarga besar terdiri dari tujuh anak laki-laki dan masing-masing mempunyai satu saudara perempuan. Berapa orang yang ada pada keluarga tersebut?

Ne Gan Jawabannya…
Jawaban 1 :
Kandungan jeruk di gelas pertama dan kandungan anggur di gelas kedua sama banyaknya.

Penjelasan:
Pertama kali Anda tergoda untuk berpikir bahwa lebih banyak jus anggur dalam gelas kedua. Kelihatannya beralasan yang Anda pindahkan dalam langkah kedua adalah campuran jus anggur dan jeruk, sementara langkah pertama hanya jus anggur yang dipindahkan. Tapi itu tidak benar, karena pada waktu jus dipindahkan, jumlah kandungan jus dalam setiap gelas berbeda.

Setelah perpindahan, kedua gelas berisi jumlah air yang sama. Apapun yang hilang dari gelas jus anggur sekarang ada dalam gelas berisi jus jeruk. Jadi, jumlah jus jeruk yang sama harus ada dalam gelas jus apel. Cukup mengejutkan, rasio setiap jus dalam kedua gelas sama.

Jawaban 2 :
Saudara kembar anak tersebut, yang lebih tua, lahir di atas kapal pada pagi-pagi sekali pada tanggal 1 Maret. Lalu, kapal tersebut melewati “International Date Line”, dan anak tersebut lahir pada tanggal 28 Februari. Pada tahun kabisat, si anak yang lebih muda akan merayakan ulang tahun dua hari sebelum kakak kembarnya berulang tahun.

Jawaban 3 :
Satu menit

Penjelasan:
Rebus saja sekaligus.

Jawaban 4 :
sama-sama dekat

Penjelasan
Jika A dan B bertemu, berarti A dan B memiliki jarak yang sama dengan kota P.

Jawaban 5 :
Sama besar.

Penjelasan:
18 persen dari 81 = (18/100) * 81 = (81/100) * 18 = 81 persen dari 18

Jawaban 6 :
Dapat.

Penjelasan:
Contoh: (-1)/3 > 2/(-3)

Jawaban 7 :
Memang seharusnya demikian…

Penjelasan:
1 jam 20 menit = 80 menit.

Jawaban 8 :
Mulailah kedua jam secara bersamaan. Ketika gelas yang 4 menit selesai, balik. Ketika gelas yang 7 menit selesai, balik. Semenit kemudian, gelas yang 4 menit selesai; 8 menit akan berlalu dan akan ada waktu 6 menit untuk pasir di bagian atas gelas yang 7 menit dan 1 menit untuk pasir yang ada di dasar, lalu baliklah gelas yang 7 menit, dan semenit kemudian waktu 9 menit akan tercapai.

Jawaban 9 :
7 buah.

Penjelasan:
Ada 7 buah gelas di tanganmu dan 5 buah gelas di atas nampan.

Jawaban 10 :
10, jika ayah dan ibu mereka turut dihitung

Penjelasan:
Keluarga tersebut terdiri dari ayah, ibu, 7 anak laki-laki, dan seorang saudara perempuan yang menjadi saudara perempuan ketujuh anak laki-laki tersebut.