Kelelahan pada mata mungkin sudah sering kamu alami, mungkin hal ini dikarenakan anda terlalu banyak memandang komputer atau anda bekerja di depan komputer tampak pandangan terfokus pada monitor untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan.
Kelelahan pada mata ini juga sering membuat anda pusing tak enak untuk melakukan aktivitas. Akibatnya diri anda sendirilah yang tidak semangat dalam menjalankan aktivitas.
Maka harus dihindari karena lambat laun akan merusak penglihatan anda, berikut adalah 8 tips menjaga kondisi mata kita..

1.Jaga jarak mata pada monitor
Pastikan jarak anda dengan monitor sesuai dengan yang disarankan oleh para ahli mata, jarak aman antara mata dan monitor yaitu 20-40 inci (50-100 cm) dari mata. Jika terlalu dekat berbahaya juga untuk mata oleh sebab itu perhatikan posisi duduk anda dengan monitor tersebut, seandainya masih kesulitan melakukan aktivitas kerja seperti membaca padahal sudah berada pada jarak ideal coba lakukan dengan membesar ukuran fontnya sehingga kita merasakan nyaman saat melakukan aktivitas di depan komputer.

2.Gunakan LCD, singkirkan CRT
Hal ini berhubungan dengan alat atau piranti hardware anda, saat ini perkembangan teknologi sangat tinggi, apalagi untuk monitor komputer hampir sebagian besar menggunakan layar LCD. Oleh sebab itu gunakan piranti LCD dibanding CRT, CRT merupakan monitor tabung yang memberikan efek yang kurang baik untuk mata selain itu CRT membutuhkan energi listrik sangat besar. Perbandingannya satu monitor CRT sama saja menggunakan lima monitor LCD, atau solusi yang lain jika masih menggunakan CRT yaitu menggunakan filter anti radiasi hal ini untuk meminimalisir pandangan langsung terhadap monitor.

3.Setting monitor
Monitor yang ada saat ini banyak menyediakan preset display mode sehingga dapat memudahkan kita mengganti setting pada layar monitor, termasuk memberikan level pada brightness dan hal ini juga harus disesuaikan dengan kenyamanan penggunanya.

4.Pakai kacamata anti radiasi
Tips keempat ini memang merupakan saran akan tetapi ada baiknya jika anda memiliki cukup biaya untuk membeli kacamata anti radiasi. Kacamata anti radiasi dapat dikatakan relatif mahal tapi efektifitas dalam fungsinya sangat berguna bila kita menggunakan komputer yang berbeda. Kacamata anti radiasi dapat dibawa kemana-mana selain itu dapat berfungsi bukan hanya melindungi mata dari monitor akan tetapi dari cahaya lampu mobil, radiasi tv dan lainnya.

5.Istirahatkan mata secara berkala
Berikutnya cara termudah yang kita dapat lakukan yaitu mengistirahatkan mata secara berkala, sehingga tidak terus difokuskan pada pekerjaan di depan monitor, setidaknya membutuhkan lima hingga sepuluh menit untuk melakukan istirahat terhadap mata. Bukan hanya istirahat saja, anda dapat melakukan aktifitas penyegaran mata dengan melihat sekitar kita sebagai alihan normalitas pada mata atau dapat dilakukan juga dengan mencuci muka supaya kita merasa segar.

6.Hati-hati Kacamata
Bagi kamu yang berkacamata akan terasa kesulitan jika kamu harus bekerja dengan PC, apalagi jika jenis kacamata kamu adalah bervokal dan berkacamata basa. Tapi jika kamu tidak berkacamata akan bermasalah dengan penglihatan yang akan diperberat apabila menggunakan komputer. Untuk itu sebaiknya kamu perlu melakukan pemeriksaan dokter secara rutin.

7.Sesuaikan Daerah kerja
Atur meja kerja dengan sedemikian rupa, buat meja kantor agar lebih rendah dari standard meja kantor. Atur juga agar jarak komputer dengan mata lebih jauh sedikit dari jarak baca standard. Buat bagian atas layar komputer letaknya lebih rendah dari ketinggian horizontal mata. Layar komputer juga diatur sedikit miring ke belakang atau 10-20 derajat.

8.Air Cahaya dalam Ruang
Atur penerangan dalam ruangan kerja, jika kurang terang Pasang lampu meja. Hindari juga pantulan sinar pada layar komputer.

Selamat Mencoba…
Semoga Bermanfaat…